Cuma Di Konser Curhat Bernada Tempatnya Orang Ngonser Sambil Curhat
Kalo biasanya penonton konser cuman bisa curhat lewat teriakan atau tulisan spanduk, di konser Curhat Bernada, penonton justru diberi kesempatan untuk naik ke atas panggung dan menceritakan curhatannya di depan para performer.
Curhat Bernada sendiri merupakan salah satu event rutin yang diselenggarakan oleh Kece Entertainment bersama G-Production sejak tahun 2024. Dalam konser ini, interaksi antara para performer dan penonton tidak hanya sebatas bernyanyi bersama saja.
Dalam segmen konseling, para penonton akan diberi kesempatan untuk bercerita tentang permasalahan atau hal hal yang sedang mereka rasakan saat ini kepada penyanyi ataupun host favoritnya. Nantinya para performer bisa menanggapi curhatan mereka dengan memberikan saran atau bahkan menghibur mereka secara langsung.
Sampai akhir tahun 2024 kemarin, Curhat Bernada sukses digelar sebanyak 4 kali dengan rata-rata penjualan mencapai 1,500 lebih tiket. Meskipun menggunakan konsep yang sama, setiap konser punya tema dan bintang tamu yang berbeda-beda.
Di volume pertama Curhat Bernada, Maliq & D’Essentials menjadi guest star utama, sehingga tema yang diangkat ialah Senandung Romantika. Untuk volume ke 2, karena Barasuara dan Slank menjadi guest starnya, maka tema yang dipilih adalah Orkestra Hat. Di volume ketiga, tema Kenangan Abadi dipilih karena penonton akan diajak bernostalgia bersama Reza Artamevia. Dan yang paling terbaru, volume keempat Curhat Bernada mengambil tema Konseling Hati dengan guest star yang terkenal dengan lagu lagu cintanya seperti, Juicy Luicy, Adrian Khalif, Sal Priadi, Aan Story & Friends dan KPK (Kelompok Pemuja Koplo)
Kemeriahan konser Curhat Bernada bukan hanya diramaikan oleh para performer yang sedang hits atau digandrungi banyak kalangan saja, melainkan juga karena host guest star yang didatangkan adalah para standup comedian dan content creator komedi. Celotehan serta aksi lucu mereka di atas panggung selalu berhasil membuat suasana jauh lebih hidup dan interaktif. Penonton bukan hanya dibuat terhanyut dengan lagu lagu yang dinyanyikan, namun juga dibuat tertawa lepas dengan interaksi antara para hostnya.
Di Curhat Bernada Vol 4, Reza Candhika, Agung Karmalogy, Bobby Mandela, dan Kak Gem, menjadi host bintang tamu yang ikut meramaikan segmen konseling Hati Curhat Bernada. Celetukan khas “Paham” ala kak Gem dan kata kata mutiaranya yang ngena di hati, sukses membuat Bengkel Space SCBD makin riuh setelah salah seorang penonton menyampaikan curhatannya.
Sejak awal Curhat Bernada diselenggarakan, Bengkel Space SCBD selalu menjadi rumah yang menyimpan ribuan momen kedekatan antara para performer bersama penggemar setianya. Disini, para penonton bebas mengekspresikan perasaannya, mereka bisa menikmati konser Curhat Bernada sambil duduk ataupun berdiri. Untuk kategori tiketnya sendiri terbagi menjadi 2 yaitu festival dan VVIP. Buat Sobat Kece yang penasaran tentang konser Curhat Bernada berikutnya, coba kepoin aja instagram @Curhatbernada. Jangan sampai ketinggalan soal info Curhat Bernada Vol 5 ya!!
Kalau abis baca ini, Sobat Kece jadi kepikiran mau buat konser atau event yang lebih unik buat brand kalian, jangan ragu-ragu kontak Kece Entertainment aja. Siapa tau kita bisa bantu wujudin event yang brand kamu dambain. Yuk kita kolaborasi!!
8 kerjaan Copywriter Yang Belum Banyak Orang Tau
Yang masih mikir copywriter kerjaannya fotocopy dokumen……. agak jauhh ya kalian salahnya
Buat Sobat Kece yang pernah bekerja atau bersinggungan dengan dunia ahensi pasti familiar dengan pekerjaan satu ini. Sederhananya, Copywriter merupakan seseorang yang bertanggung jawab membuat naskah iklan untuk kebutuhan pemasaran perusahaan/brand.
“Iklan” yang dimakud disini, bukan sebatas iklan televisi, radio atau media cetak aja ya. Makin berkembangnya jaman, makin banyak media baru yang bermunculan, jadi? Makin luas sebenarnya ranah pekerjaan copywriter.
Jangan sampai ketuker juga ya, Copywriter dan Content Writer itu, dua pekerjaan yang berbeda. Keduanya memang sering bersinggungan, tapi bukan berarti sama. Bedanya dimana?
Pertama, di tujuan penulisan dan kedua, di jumlah kata yang bisa digunakan. Seorang Copywriter harus bisa mempersuasi pembacanya agar mau melakukan sesuatu, misalnya membeli, mendownload, mengklik, membagikan atau berkomentar. Sementara Content Writer, bertanggung jawab membuat tulisan yang informatif, edukatif atau entertaining bagi para pembacanya,
Saat menulis, seorang Content Writer bebas menggunakan sebanyak-banyaknya kata yang diinginkan, tapi bagi Copywriter justru sebaliknya, mereka diminta menghasilkan tulisan yang sesingkat-singkatnya, kalo bisa malah hanya 2 kata.
Beberapa contoh tulisan yang biasanya dihasilkan Content Writer adalah, artikel, blog post, white paper, E-book, email newsletter atau bahkan Press Rilis.
Terus Copywriter kerjaannya bikin apa? Lanjut bacanya kalau gitu karena ada 10 kerjaan copywriter yang kayaknya belum banyak orang tau
Ecommerce Copywriting
Sobat Kece yang doyannya belanja online pasti seringkan liat tulisan yang ada di product description? atau nama nama produk yang ada di displaynya? Nah ini disebutnya Ecommerce Copywriting. Nggak cuma dua hal tadi aja ya, segala tulisan yang muncul di dalam halaman Ecommerce, itu kerjaannya copywriter. Apa aja emangnya?
Ada banyak, misalnya pop up iklan yang biasanya muncul di halaman utama E Commerce atau toko, halaman profile toko, label kategori produk, product description, nama produk sampai banner promo spesial toko.
Source By: Kece Entertainment
Pernah buka websitenya MS Glow? atau Kece Entertainment? atau Juragan 99? atau Nestle? Semua website yang bisa kalian kunjungi di jejaring internet itu, pasti memiliki tulisan tulisan pendek yang dibuat unik dan menggambarkan karakter perusahaan/brand. Nah semua tulisan itu disebut Website Copywriting.
Dalam sebuah website, biasanya akan terdapat beberapa halaman berbeda, seperti homepage, our service, brand story, our team dan lainnya. Nah, yang bertanggung jawab menyusun tulisan untuk setiap halamannya adalah Copywriter.
Walaupun kesannya gampang karena tulisan yang dihasilkan pendek, saking pendeknya beberapa website kadang hanya menggunakan maksimal 1 kalimat, namun proses dibalik pemilihan kata tersebut cukup panjang.
Saat membuat website copywriting, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Copywriter seperti karakter perusahaan, visi & misi brand, keunikan perusahaan, pesan yang ingin disampaikan hingga brand story. Bukan cuman itu, copywriter juga harus bisa memahami pribadi setiap karyawan atau pemilik perusahaan, agar bisa mendeskripsikan keunikan tiap individunya dengan tepat dan menarik. Bukan hanya orang, seorang copywriter juga harus memahami produk/jasa yang dimiliki perusahaan agar bisa membuat product description yang membuat pembacanya ingin langsung membeli.
Ad Copywriting
Source By: Kece Entertainment
Sesuai namanya, Ad Copywriting merupakan tulisan yang dibuat untuk mengiklankan suatu produk/jasa. Contohnya? Iklan iklan TV yang sering kalian lihat, jingle di radio, tagline yang catchy di billboard atau brosur, semua itu kerjaannya Copywriter. Bisa dibilang, Ad Copywriting merupakan salah satu jenis pekerjaan yang paling umum dikerjakan Copywriter.
Sedikit berbeda dengan Website Copywriting atau Ecommerce Copywriting, membuat Ad Copywriting terbilang lebih rumit apalagi jika yang dibuat adalah TVC (TV Commercial). Kok gitu?
Yaa soalnya, Copywriter bukan cuman harus bisa menggunakan kata yang sederhana dan catchy, namun juga harus bisa membuat alur cerita dengan durasi yang sangat terbatas. Biasanya untuk sebuah TVC, durasi yang diberikan hanyalah 60 detik, kadang copywriter diminta untuk bisa membagi scene 60 detik itu menjadi 30 dan 15 detik sebagai opsi.
Dalam proses ini, copywriter nggak cuman dituntut untuk bisa membuat alur cerita dan script yang menarik, namun juga harus bisa memvisualkannya dengan baik agar Art Director bisa memahami konsep visualnya.
Sebenarnya dengan adanya media digital saat ini, muncul beragam media baru untuk beriklan, salah satunya video digital. Keberadaan video digital ini, bisa dibilang cukup memberikan nafas baru bagi Copywriter karena mampu memberikan durasi lebih panjang bagi copywriter berkarya.
Social Media Copywriting
Source By: Kece Entertainment
Nah, social media sendiri juga merupakan bagian dari media digital, yang akhirnya menjadi ladang baru bagi Copywriter. Semua konten yang kalian lihat di social media, mulai dari tulisan di foto, video, carousell, caption hingga profile bio merupakan bagian dari pekerjaan Copywriter.
Bukan cuman itu, kadang copywriter juga terlibat dalam proses pembuatan skrip, jika tipe konten yang dibuat adalah konten storytelling. Disamping itu, Copywriter biasanya juga akan ikut dalam proses pembuatan content plan bersama tim social media. Umumnya, copywriter akan dilibatkan untuk membuat copy Image dan juga caption untuk setiap konten sosial media.
Email Copywriting
Next, ada yang namanya Email Copywriting, Buat kalian yang sukanya nyari hadiah gratisan atau join macem-macem membership, inbox email kalian pasti dipenuhi email promosi kan? Kok bisa gitu?
Ini karena, salah satu data yang kalian kasih, pasti alamat email kan? Nah data ini sering dipake pemilik bisnis untuk mengirimkan email marketing mereka.
Setiap brand biasanya punya tipe email marketing yang berbeda-beda, tergantung campaign yang sedang mereka jalankan. Pada dasarnya, email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang digunakan brand untuk mempromosikan produknya, namun kali ini media yang digunakan adalah email.
Beberapa contoh email marketing yang sering muncul biasanya berisikan tentang, spesial promo mingguan, bulanan atau musiman, launching produk terbaru, special collaboration, berita trend terkini, atau update perusahaan. Semua konten ini, biasanya dibuat oleh seorang copywriter bersama tim marketing.
SEO Copywriting
Nah, Disini nih, peran Content Writer dan Copywriter kadang suka disamakan. Keduanya memang sama-sama membuat konten artikel, tapi tujuan penulisannya berbeda. Sobat Kece perlu tau, kalau dalam pembuatan SEO Copywriting, Copywriter bukan hanya sekedar membuat artikel yang informatif dan menarik aja, melainkan juga harus persuasif. Kenapa?
Karena, tujuan utama penulisannya ialah untuk mempromosikan atau menjual sebuah produk/jasa yang dimiliki perusahaan. Makanya, sebelum mulai menulis, copywriter biasanya akan mencari beberapa keyword yang sering digunakan pembaca saat akan membeli produk/jasa tertentu. Setelah itu, barulah kata kata tersebut diubah menjadi kalimat yang lebih menarik dan dijadikan headline, sub headline dan juga isi di setiap paragrafnya.
Technical Copywriting
Sebelum kita bahas soal Technical Copywriting, Sobat Kece pernah dengar istilah Technical Writer? Mereka adalah orang-orang yang tugasnya menyederhanakan tulisan yang sifatnya teknis mmenjadi mudah dimengerti, contohnya seperti manual book yang sering kalian dapat saat membeli perlengkapan elektronik.
Nah, selain Technical Writer, ada juga yang namanya Technical Copywriter
Pekerjaan Copywriter yang satu ini bisa dibilang sedikit lebih teknikal dibanding yang lainnya. Technical Copywriter, bukan hanya dituntut untuk bisa mempersuasi konsumen dan memahami produk atau jasa yang ditawarkan, melainkan juga harus mendalami bahasa teknis yang sering digunakan di industri tersebut seperti spesifikasi produknya atau jargon jargon yang sering digunakan industri tersebut.
Niche Copywriting
Istilah "Niche” seringkali dipakai saat kita mau menentukan tipe konten yang ingin dibuat untuk sosial media. Arti dari Niche sendiri, ialah, sebuah topik atau spesialisasi khusus yang menjadi fokus utama konten Sobat Kece. Misalnya, dunia kecantikan, gaming, travelling, food vloger dan masih banyak lagi.
Dalam dunia copywriting sendiri, ada yang namanya Niche Copywriter. Pekerjaan mereka sebenarnya sama dengan copywriter lainnya, yang membedakan adalah industri yang mereka geluti. Niche Copywriter biasanya hanya fokus di satu industri saja misalnya kecantikan atau traveling. Jadi, penguasaan materi mereka biasanya akan lebih detail dan spesifik pada satu industri, dibandingkan industri lainnya.
Setelah tau, kalau jenis copywriting itu ada banyak, kira kira Sobat Kece lagi butuh model copywriting kayak apa nih buat upgrade bisnis kalian? Kalau masih bingung atau butuh masukan lebih kreatif, Kece Entertainment bisa jadi partner kreatif kalian juga loh. Yuk kolaborasi bareng Kece Entertainment sekarang.
Sumber
10 Type of copywriting career you need to know
Content Writing Vs. Copywriting In Digital Marketing: What's The Difference?
Kenapa Penting Bangun Personal Branding Untuk Bisnis Kamu?
Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, kamu nggak bisa hanya fokus pada kualitas produk aja Sobat Kece, Personal Branding juga perlu diperhatikan. Peran Personal Branding digunakan untuk memudahkan konsumen membedakan produk yang kamu tawarkan, dengan produk produk serupa diluar sana.
Sebelum masuk ke bagian pentingnya, Sobat Kece perlu tau dulu, apa sih sebenarnya Personal Branding itu?
Ketika mendengar kata Personal Branding, mungkin masih banyak yang mengira bahwa, itu hanyalah cara bagi seseorang untuk membentuk persepsi atau citra diri agar terlihat menarik dimata orang lain. Padahal, dalam dunia bisnis, terutama bagi para entrepreneur, Personal Branding juga bisa digunakan untuk membangun kedekatan dan kepercayaan konsumen.
Pada dasarnya konsumen lebih tertarik dengan bisnis yang memiliki identitas yang menarik dan bisa diajak berkomunikasi dua arah.
Yuk, simak seberapa penting Personal Branding untuk bisnis Sobat Kece! Mengutip dari Forbes, ada beberapa hal yang kalian wajib tau tentang pentingnya Personal Branding, terutama buat kalian para Entrepreneur
Konsumen lebih suka berinteraksi dengan sesama “Manusia” dibandingkan hanya sebuah logo, makanya penting bagi Sobat Kece yang punya bisnis, untuk memanusiakan brandnya. Jika brand kalian adalah manusia, akan seperti apa sosoknya?
Sesuai namanya, “Personal Branding” Sobat Kece bisa mengangkat hal-hal yang sifatnya personal atau apa adanya terkait bisnis yang sedang dirintis saat ini. Misalnya, kisah jatuh bangun kalian, atau inspirasi di balik bisnis ini, atau mungkin cita-cita kalian dengan adanya bisnis tersebut.
Menjadi apa adanya ini penting karena dengan begitu, target konsumen kalian bisa lebih mengenal siapa orang dibalik produk/layanan yang mereka pakai. Semakin kenal konsumen dengan brand kalian, maka akan semakin mudah juga mereka mengingat produknya
Personal Branding pasti akan selalu identik dengan autentisitas, menjadi authentic bukan cuman akan membedakan brand kalian dari yang lain, tapi juga dapat meningkatkan rasa percaya dan keyakinan konsumen.
Setiap orang pasti punya persona yang berbeda-beda, semakin sering kalian menonjolkan persona itu dan berbagi pengalaman atau pengetahuan kalian secara konsisten dan apa adanya, maka kualitas brand yang kalian miliki juga pasti akan mudah terlihat oleh konsumen.
Dengan keunikan persona kalian, Sobat Kece juga bisa menciptakan tren baru di industri yang kalian tekuni.
Baca Juga: 2024 Mau Bikin Konten Tapi Bingung? Lakuin 4 Cara Ini