By Carolina Intan
2024-12-09 16:25:22
Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, kamu nggak bisa hanya fokus pada kualitas produk aja Sobat Kece, Personal Branding juga perlu diperhatikan. Peran Personal Branding digunakan untuk memudahkan konsumen membedakan produk yang kamu tawarkan, dengan produk produk serupa diluar sana.
Sebelum masuk ke bagian pentingnya, Sobat Kece perlu tau dulu, apa sih sebenarnya Personal Branding itu?
Ketika mendengar kata Personal Branding, mungkin masih banyak yang mengira bahwa, itu hanyalah cara bagi seseorang untuk membentuk persepsi atau citra diri agar terlihat menarik dimata orang lain. Padahal, dalam dunia bisnis, terutama bagi para entrepreneur, Personal Branding juga bisa digunakan untuk membangun kedekatan dan kepercayaan konsumen.
Pada dasarnya konsumen lebih tertarik dengan bisnis yang memiliki identitas yang menarik dan bisa diajak berkomunikasi dua arah.
Yuk, simak seberapa penting Personal Branding untuk bisnis Sobat Kece! Mengutip dari Forbes, ada beberapa hal yang kalian wajib tau tentang pentingnya Personal Branding, terutama buat kalian para Entrepreneur
Konsumen lebih suka berinteraksi dengan sesama “Manusia” dibandingkan hanya sebuah logo, makanya penting bagi Sobat Kece yang punya bisnis, untuk memanusiakan brandnya. Jika brand kalian adalah manusia, akan seperti apa sosoknya?
Sesuai namanya, “Personal Branding” Sobat Kece bisa mengangkat hal-hal yang sifatnya personal atau apa adanya terkait bisnis yang sedang dirintis saat ini. Misalnya, kisah jatuh bangun kalian, atau inspirasi di balik bisnis ini, atau mungkin cita-cita kalian dengan adanya bisnis tersebut.
Menjadi apa adanya ini penting karena dengan begitu, target konsumen kalian bisa lebih mengenal siapa orang dibalik produk/layanan yang mereka pakai. Semakin kenal konsumen dengan brand kalian, maka akan semakin mudah juga mereka mengingat produknya
Personal Branding pasti akan selalu identik dengan autentisitas, menjadi authentic bukan cuman akan membedakan brand kalian dari yang lain, tapi juga dapat meningkatkan rasa percaya dan keyakinan konsumen.
Setiap orang pasti punya persona yang berbeda-beda, semakin sering kalian menonjolkan persona itu dan berbagi pengalaman atau pengetahuan kalian secara konsisten dan apa adanya, maka kualitas brand yang kalian miliki juga pasti akan mudah terlihat oleh konsumen.
Dengan keunikan persona kalian, Sobat Kece juga bisa menciptakan tren baru di industri yang kalian tekuni.
Baca Juga: 2024 Mau Bikin Konten Tapi Bingung? Lakuin 4 Cara Ini
Personal Branding yang kuat juga bisa membuka peluang kerjasama yang lebih luas. Semakin menarik Personal Branding yang Sobat Kece ciptakan, maka akan semakin banyak orang yang mengenal dan aware dengan keberadaan brand kalian. Secara tidak langsung, ini bisa jadi cara yang paling efisien untuk mengurangi budget promosi bisnis Sobat Kece lho!!.
Ingat ya, nggak semua orang yang mengenal brand Sobat Kece akan menjadi konsumen kalian, bisa jadi mereka justru lebih tertarik menjadi rekan bisnis kalian.
Bukan hanya dapat memperluas kerjasama, adanya Personal Branding yang kuat juga bisa mempercepat proses pengambilan keputusan konsumen.
Sobat Kece harus tau kalau, sebelum benar-benar melakukan pembelian, konsumen biasanya akan melewati serangkaian tahap pengambilan keputusan pembelian. 6 tahapan tersebut terdiri dari: pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan terakhir perilaku pasca pembelian.
Dalam tahap pengenalan kebutuhan, biasanya konsumen baru mulai mencari produk apa yang sedang mereka butuhkan saat ini. Setelah menemukan jawabannya, barulah mereka beralih ke fase pencarian informasi, dimana mereka mulai mencari sebanyak banyaknya informasi terkait produk tersebut.
Tentunya dalam proses ini, konsumen akan menemukan banyak brand yang memiliki produk serupa, maka dari itu, masuklah mereka di tahap evaluasi alternatif, disinilah proses membanding bandingkan dimulai. Konsumen baru akan masuk ke fase pengambilan keputusan pembelian, setelah mereka merasa yakin dengan pilihannya
Ketika konsumen merasa, sudah sangat mengenal brand yang kalian ciptakan, maka mereka tidak lagi harus melewati proses tersebut dari nol. Ini pastinya akan sangat menguntungkan bisnis Sobat Kece.
Nah, buat kalian para entrepreneur, membangun Personal Branding bisa menjadi fondasi untuk menciptakan hubungan yang long lasting dengan klien, partner bisnis atau bahkan investon kalian nantinya.
Kepercayaan menjadi alasan utama konsumen kembali memilih produk yang kita tawarkan. Makanya, saat membangun Personal Branding, pastikan kalian bisa menunjukkan kualitas diri sekaligus produk yang kalian punya.
Gimana menurut Sobat Kece? Mulai tertarik bangun Personal Branding buat ningkatin Bisnis kalian juga nggak nih? Mengutip dari Forbes ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan buat bangun Personal Branding kalian sendiri. Yuk lanjut bacanya!!
Saat membangun Personal Branding, pastikan Sobat Kece sudah tau brand identity kalian. Ingat, Brand Identity bukan hanya menggambarkan bisnis yang dijalani tapi seharusnya juga bisa mencerminkan diri kalian sendiri, value yang kalian miliki dan hal yang kalian anggap penting.
Gimana cara menemukannya? Sobat Kece bisa mulai dengan menjawab pertanyaan seperti, apa kelebihan dan kekurangan kalian? Apa yang unik dari keahlian atau cara pandang kalian? Prinsip atau value yang menurut kalian penting apa?
Jadi Sosok Yang Otentik dan Transparan
Source By: Instagram shitlicious
Otentik dan Transparansi bisa dibilang jadi dua hal yang harus ada kalau Sobat Kece mau bangun kepercayaan orang lain. Apa yang membedakan keduanya? Menjadi otentik itu, tentang menunjukkan siapa diri kalian sebenarnya, sedangkan menjadi transparan itu, lebih soal keterbukaan, menyampaikan fakta dan informasi secara apa adanya.
Nah, karena tujuan dari Personal Branding itu untuk membangun kepercayaan. dan kredibilitas, Sobat Kece harus berusaha menjadi sosok yang otentik dan transparan. Mulailah dengan membagikan pengalaman pribadi kalian saat membangun bisnis atau mungkin aktivitas harian Sobat Kece secara general, biar audience semakin relate.
Kalian juga bisa menuangkan pendapat atau opini kalian tentang topik yang sedang trending di industri kalian atau hal hal yang menjadi keahlian Sobat Kece.
Bangun Kredibilitas Dengan Konten Berkualitas
Ciptakan konten yang berkualitas agar orang lain percaya dengan kemampuan dan keahlian yang Sobat Kece miliki. Dalam hal ini, konten yang berkualitas itu adalah konten yang berisi, alias informatif dan bermanfaat bagi audiens. Maka dari itu cobalah untuk melakukan riset lebih mendalam terkait topik yang akan kalian bahas, carilah fakta fakta unik yang mungkin belum banyak orang ketahui.
Aktiflah juga mengikuti beberapa kegiatan komunitas, seminar ataupun konfrens yang berkaitan dengan niche atau industri kalian. Kenapa? Agar wawasan kalian semakin luas dan semakin banyak pula konten informatif yang bisa kalian bagikan. Ingat, semuanya butuh konsistensi.
Nah, buat Sobat Kece yang masih ngerasa bingung atau nggak yakin mau mulai darimana, Kece Entertainment bisa jadi partner kreatif yang pas buat kalian. Setiap bisnis pasti punya daya tariknya masing-masing dan Kece Entertainment bisa bantu embrace keunikan bisnis Sobat Kece melalui Personal Branding kalian sendiri. Yuk kita kolaborasi sekarang!!